Saturday, April 17, 2010

Sea Dragon ???

Percaya???
Mendengar namanya saja, terbayang bahwa hewan ini menakutkan, besar, dan sebagainya. Bayangkan ukuran hewan ini yang berkisar antara 45cm, mirip kuda laut, dan eksotis. Apakah masih terdengar menakutkan???
Hewan yang langka dan eksotis ini hanya dapat ditemukan di bagian barat dan selatan benua Australia. Terdiri menjadi 2 jenis, yaitu Leafy Sea Dragon (kanan) dan Weedy Sea Dragon (kiri). Dalam reproduksinya, betina akan mengeluarkan 250 butir telur berwana pink cerah. Namun, hanya 5% yang akan bertahan. Jadi bayangkan harga tiap ekornya yang mencapai 100x lipat harga kuda laut. Dan, tidak sembarang orang yang boleh memeliharanya, terlebih tanpa izin pemerintah.

Pertama kali anda melihatnya anda akan menyangka
bahwa ini adalah spesies kuda laut. Yang membedakannya adalah yang pertama, bentuk tubuhnya yang ekstrim. Weedy Sea Dragon (Phyllopt eryx taeniolatus) dan Leafy Sea Dragon ( Phycodurus eques) dapat dikenali secara baik dari bentuk tubuhnya yang unik. Yang kedua, Sea Dragon tidak memiliki ‘kantong khusus’ seperti kuda laut. Seperti yang kita ketahui, kuda laut memiliki kantong khusus ini untuk membesarkan dan memelihara anaknya, seperti kanguru. Yang ketiga, Sea Dragon tidak seperti kuda laut yang ekor kuda laut ini selalu menggantung di tanaman laut agar tidak terbawa arus.

However, they are totally B-E-A-UTIFUL

No comments:

Post a Comment